Konflik PKB

27 07 2008

Akhirnya gus Dur “menerima” keputusan Kasasi oleh MA, meski tidak menyebut kata “Islah” melainkan dengan kata “Harmonisasi”. Menurut hemat penulis, arti kata islah berbeda dengan dengan arti kata harmonisasi. Tapi tak mengapa, tanpa meributkan arti dan fungsi kedua kata tersebut, apa lagi penulis bukanlah seorang sastrawan atau pun ahli bahasa yang ahli dalam menganalisa kedua kata tersebut.

Hal yang utama adalah konflik PKB segera berakhir dengan pengakuan Gus Dur atas keputusan kasasi oleh Mahkamah Agung yang memenangkan PKB kubu Munas Ancol yakni Muhaimin dan Lukman Eddy. Terbukanya pintu “harmonisasi” ini berkat adanya usaha dari perwakilan / mandataris tujuh DPW PKB di kantor PBNU. Sehingga diharapkan PKB bisa menata dan menyiapkan diri dalam Pemilu 2009.

Untuk Hasil atau suara PKB mendatang dan juga partai besar juga perlu ditanyakan, karena dalam Pilkada Jawa Timur calon dari PKB rontok atau jauh dari suara calon lainnya, padahal PKB di Jawa Timur merupakan basis dari PKB di Indonesia. Akan menjadi pertanyaan. Apakah PKB akan melaju seperti 2 kali pemilu yang lalu (1999 dan 2004) dimana PKB unggul di Jawa Timur.

Jika kekalahan PKB di lumbungnya dapat dijadikan Indikator dari Pemilu 2009 mungkin PKB akan menjadi partai yang suaranya turun drastis. Untuk Itu kesiapan PKB dalam “perang” di 2009 dapat lebih baik dan meyakinkan konstituen di daerah.

Saat penulis mengambil formulir Bakal Calon Anggota Legislatif di LPP PKB yang berada di Jalan Sukabumi Jakarta Pusat. Banyak formulir yang sudah masuk dan dilengkapi, dan yang kurang bisa melengkapi dan mengembalikan sampai tanggal 31 Juli mendatang.

Terlepas dari itu, kesiapan Caleg untuk pemilu nanti harus dilakukan dengan baik, sehingga PKB bisa menjadi 5 Besar di Pemilu 2009. Masyarakat atau konstituen PKB juga jenuh dengan konlik yang berkepanjangan, karena selama adanya PKB, pecat memecat Ketua sudah serin kali terjadi, Matori Abdul Jalil, Alwi Shihab,  dan yang terakhir sekarang adalah Muhaimin Iskandar tetapi sampai saat ini hanya dia yang bisa memenangkan di tingkat Pengadilan(dwi).


Aksi

Information

One response

28 07 2008
Singal

Lebih baik berdamai, karena berseteru selalu merugikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: