Pemadaman Listrik

20 08 2008

Pemadaman listrik secara bergilir membuat cemas masyarakat, khususnya sektor industri, baik perusahaan kecil maupun besar. Pemadaman ini disebabkannya kapasistas dari PLN menurun karena banyaknya konsumsi listrik. Pemadaman listrik haruslah tidak sampai terjadi, karena pemakaian secara bijak dan hemat dalam penggunaannya oang, maka pemadaman tidak akan sampai terjadi.

Sikap hemat terhadap penggunaan energi listrik ini haruslah dilakukan, karena di Indonesia dalam membuat energi listrik masih mengandalkan sumder daya mineral, sehingga jika terlalu boros niscaya energi listrik kita akan berkurang dengan seiring berkuangnya cadangan sumber daya mineral. Energi alternatif harus digunakan, misalnya dengan energi matahari (solar cell) , PLTA (air), dan tenaga angin. Sumber energi tersebut harus dikembangkan dalam pembangkit tenaga listrik sehingga energi alternatif itu ada, tetapi dengan adanya energi alternatif bukan berarti pemakain energi listrik bisa seenaknya, tetapi harus hemat dan bijak.

Pemadaman bergilr banyak membuat resah, bahkan pemerintah memintah departemen yang ada untuk melakukan penghematn, mematikan listrik yang tidak perlu, pemakaian AC diatas 24 derajat, hingga meminta jam kerja pusat perbelanjaan (mall) untuk mengurangi jam kerjanya serta meminta agar memakai genset atau pembankit listrik tenaga disel.

Penggunaan listrik secara hemat haruslah dilakukan agar semua dapat menikmati cahaya listrik, penghematan dilakukan dengan cara mengurangi beban pemakain listrik, mematikan peralatan atau lampu yang tidak digunakan, memakai lampu hemat energi yang berstandar.

Dengan penghematan energi, maka bisa mengurangi atau menghemat dalam segi keuangan untuk membayar listrik serta berbagi dalam penggunaan listrik bagi masyarakat lainnya.

Marilah Kita Gunakan Listrik secara Hemat dan Bijak…


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: