Doa Malaikat Jibri & Muhammad Sebelum Ramadhan

1 08 2010

Dibawah ini ada kutipan dari 2 ceramahBeberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Ramadhan
1. Dalam suatu ceramah dijelaskan antara lain :
Rasullullah pada saat mengetahui bahwa esok hari akanmasuk tanggal 1 Ramadhan biasanya, beliau selalu melakukan”Sujud Syukur”, didalam sujud itu beliau mengatakan: “Pujisyukur kusampaikan kepada-Mu ya Allah, karena Engkau masih memberiku umur panjang dan kesempatan untuk melaksanakan puasa pada tahun ini. “Hal ini dilakukan Rasullullah, karena beliau tahu sekalibahwa bulan suci Ramadhan itu adalah bulan yang penuh dengan rahmat bagi ummat muslimin dan muslimat. Dalam satu ayat Al Qur’an dijelaskan bahwa apabila kita mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, niscaya akanditambahNya nikmat tersebut, tetapi jika kita mengkufuri nikmat Allah,maka sesunguhnya azab Allah sangatlah pedih. La in syakartum la ‘adzidannakum, wala inkafartum inna ‘azabi la syadid.

2. Dalam ceramah yang lain, antara lain disampaikan sbb :
Ketika Rasullullah sedang berhotbah pada suatu Sholat Jum’at (dalam bulan Sya’ban), beliau mengatakan Amin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu mendengarRasullullah mengatakan Aamin, terkejut dan spontan mereka ikut mengatakan Amin. Tapi para sahabat bingung, kenapaRasullullah berkata Aamin sampai tiga kali. Ketika selesai sholat jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah,kemudian beliau menjelaskan: “ketika aku sedang berhotbah,datanglah Malaikat Zibril dan berbisik, hai Rasullullah Amin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah. Do’a Malaikat Zibril itu adalah sbb: “Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabilasebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukanhal-hal yang berikut:
– Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);
– Tidak berma’afan terlebih dahulu antara suami istri;
– Tidak berma’afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.
Maka Rasullah pun mengatakan Amin sebanyak 3 kali.
Dapat kita bayangkan, yang berdo’a adalah Malaikat dan yang meng-aminkan adalah Rasullullah dan para sahabat, dand ilakukan pada hari Jum’at.

Tentunya do’a tersebut akandidengar oleh Allah SWT.Saya yakin bahwa kita semua tidak ingin kalau puasa kita tidak diterima oleh Allah SWT dan hanya merasakan lapardan dahaga belaka.Jika ada salah, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja, maafkan saya..

Mudah-mudahan dapat berguna bagi kita semua, Amin!

Mari kita bermaaf-maafan, setiap saat, agar jika kita dipanggil sewaktu-waktu, kita siap, selain dalam menghadapi amalan di bulan Ramadhan…

Mohon Maaf lahir dan batin kepada saudara ku, teman-teman ku semua yang ada di dunia maya maupun teman ku semuanya yg sering bertatap muka….

Mohon maaf atas salah dan khilaf saya, baik kata-kata, perbuatan, tulisan dan semuanya….

Semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita, teman2 memaafkan salah dan khilaf kita, serta semoga kita dimatikan dalam keadaan khusnul khotimah, juga kita mendapat berkah ramadhan tahun ini…

amien..amien..amien,,,,


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: